Selasa, 02 Desember 2014

Proyek Chevron



Assalamualaikum..

Sudah cukup lama tidak melihat blog ini dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan. Saat ini saya di lokasi proyek baru suasana baru posisi baru. Kalau di proyek yang lama saya sebagai Staff Teknik sekarang lebih banyak bergaul dengan lapangan. Saat ini saya di lokasi Proyek Chevron Minas.

Awalnya dapat SPT (Surat Perintah Tugas) di lokasi Chevron senang juga karna kepikiran kantor Chevron bakal membangun gedung bertingkat tinggi puluhan lantai. Wah..ada pengalaman baru. Ternyata sampainya di kantor Proyek di Pekanbaru tepatnya di Rumbai dijelaskan bakal ditempakan di lapangan. Kemudian berpikir apa saya akan dijadikan pelaksana??


Setelah diberi gambar ternyata yang dibangun Security Post ukuran 7,5m x 4,5m dengan waktu pelaksanaan 6 bulan. Ah..tak seperti yang dibayangkan.

Security Post di Anggrek

Dengan bangunan kecil dan waktu pelaksanaan yang bisa dibilang cukup panjang optimis bakal selesai sebelum habis kontrak. Tetapi terjadi lagi..kita rencanakan dan bayangkan tak selalu berjalan mulus. Ternyata pekerjaan di Chevron terkendala dengan peraturan yang ketat dan penerapan K3 yang sangat diprioritaskan. Sampai ada semboyan "lakukan dengan selamat atau tidak sama sekali".

Security Post di Mainroad

Dijalani hari demi hari pekerjaan tersebut dengan semangat dan dengan kondisi seperti ini banyak pengalaman yang sangat berharga yang diperoleh. Di proyek Chevron ini jugalah saya merasakan pulang dari proyek pukul 17.00WIB sedangkan di proyek-proyek sebelumnya biasanya pulang sudah pukul 22.00WIB bahkan sampai pukul 01.00WIB.

Dengan penerapan K3 di lokasi Chevron ini saya jadi bisa banyak mengetahui pentingnya K3 dan penerapannya di dunia kontruksi khususnya standar Chevron yang berkiblat ke Amerika, maklum dilokasi proyek sebelumnya saya sebagai staff teknik menghabiskan waktu di kantor dan hanya sesekali ke lapangan. Di proyek ini juga saya lebih banyak paham dengan lapangan, menghadapi permasalahan-permasalahan di lapangan serta di proyek ini juga saya sudah bisa mengendarai mobil karna untuk 1 lokasi proyek memperoleh 1 mobil.

Akhirnya proyek Security Post tersebut selesai juga dengan perpanjangan waktu sampai Juli. Kalau dipikir-pikir bangunan seperti itu dkerjakan 7 bulan sangat lama sekali. Tapi seperti itulah kondisinya di tabah lagi faktor cuaca yang sangat mempengaruhi pekerjaan seperti kabut asap dan hujan.

Saat ini Security Post telah selesai kemudian saya dipercaya untuk menyelesaikan bangunan pantry TS Lab, dan saat ini sedang menyelesaikan Reteining Wall dan tanah timbunan di GBC (masih area Chevron Minas).

Reteining Wall dan Tanah Timbunan GBC

Berbagai permasalahan ada disini dan mudah-mudahan dapat dijalani dengan baik dan berkah intinya demi anak istri.

Wassalam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar